Kamis, 13 November 2014

Melindungi program aplikasi game dengan password.

Sudah umum berlaku di banyak tempat bahwa satu PC dipergunakan oleh lebih dari satu orang, bahkan Microsoft sendiri menfasilitasi hal itu dengan menyediakan Operating System (OS) yang bisa meng-“create” banyak user  dalam satu PC.  Memang betul hal ini untuk menghemat anggaran pengadaan PC baru, tapi dengan banyaknya user dalam satu PC akan membuka kemungkinan user lain dapat menjalankan aplikasi yang agan miliki tanpa sepengetahuan agan.
Namun agan tidak usah khawatir, kini sudah ada aplikasi pihak ketiga yang bisa melindungi / memproteksi program aplikasi kesayangan agan seperti game dan aplikasi file exe kesayangan yang lainnya. Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:

1.    Download gameprotector_setup.exe di http://www.gameprotector.com/ game protector yang penulis pergunakan (ketika download) adalah versi 1.0 (freeware) sedang OS menggunakan Window  7.
2.    Jalankan / Double klik gameprotector_setup.exe yang sudah didownload

gp1

3.    Klik Next terus akan keluar tampilan layar berikutnya, klik Next lagi sampai 5 x sampai keluar tombol Install, kemudian klik tombol Install. Setelah instalasi selesai klik tombol Finish.

gp7

Instalasi game protector sudah selesai, kemudian jalankan program aplikasi tersebut dengan melakukan hal-hal sbb:
1.    Klik Start – All Programs – Game Protector – Game Protector, maka akan keluar menu windows seperti di bawah ini.

gp8

2.    Klik Open
3.    Isi Password, kemudian isi password lagi yang sama.
4.    Pilih Icon Default atau Icon lainnya.
5.    Klik Protect
6.    Klik Close

Selesailah sudah proteksi program aplikasimu atau bisa juga digunakan untuk memproteksi program aplikasi exe yang lainnya.
Untuk uji coba (testing) silahkan jalankan program aplikasi yang sudah diprotect tadi, maka sebelum program dijalankan aplikasi akan meminta password, seperti gambar tersebut di bawah ini.

gp10

Selamat mencoba. Semoga bermanfa’at.
Jika ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan silahkan isi kolom komentar.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar