Selasa, 04 Oktober 2011

Menampilkan Scrollbar pada LibreOffice BlankOn 7 Pattimura

LibreOffice 3.3 bawaan dari BlankOn versi Pattimura, sejak awal menggunakan BlakOn ini sangat mengagumkan, karena terasa ringan padahal sudah menggunakan kernel 3. Yang lebih mengagumkan lagi adanya desktop blankn yang sudah dimodifikasi supaya rngan dan tidak kelihatan katrok. Namun, setelah beberapa lama menggunakan BlankOn ini untuk proses Belajar Mengajar, ternyata ada sedikit permasalahan dalam LibreOfiice-nya terutama untuk mengetik, dimana scrollbar disamping kanan tidak ada slidernya alias hilang!!!! hal ini tidak begitu penting tapi sangat mengganggu. seandainya hanya satu-dua halaman saja pegetikannya mugkin tidak begitu mengganggu tetapi bisa bayangkan jika terdiri dari puluhan halaman.
Cuplikan gambar sebelum diedit

Tanpa menunggu waktu lama, langsung saja minta tolong di FB KOLAM, karena untuk share malang.di.blankon.in terasa lama, biasa karena terbiasa menggunakan FB untuk kegiatan ngenetnya. dari rekom2 teman2, ternyata memang ada kehilangan pada slider tersebut, dan teman yang lain menyarankan untuk mengganti theme bawaan BlankOn yaitu Ombiilin dengan theme bawaan Gnome. Alhasil, saya merasa punya versi sebelum rilis patttimura di LibreOfficenya masih ada slidernya, dan dengan mengkopi theme ombilin tersebut ternyata setelah dcoba berhasil!! slidernya kelihatan, tetapi masalahnya themenya jadi tidak menarik, karena bawaan theme tersebut tidak semenarik dengan bawaan pattimura. Jadinya, dengan menduga itu hanya berbeda pada warna theme-nya maka langsung menuju gtk-2.0 di theme ombilin dan membuka gtkrc yang ternyata didalam nya saya bandingkan degan skrip gtkrc pattimura. ditemukanlah 2 baris skrip yaitu baris ke 39-40 tidak ada di gtkrc versi yang berhasil.. yaitu:
GtkScrollbar ::has-backward-stepper = 0
GtkScrollbar ::has-forward-stepper = 0
hanya dengan menambahkan tanda # didepan script tersebut menjadi
# GtkScrollbar ::has-backward-stepper = 0
# GtkScrollbar ::has-forward-stepper = 0
maka si scrollbar alias slider muncul juga….
cuplikan gambar setelah berhasil.

catatan utuk mengedit gtkrc harus sebagai super user, caranya d terminal ketikkan sudo gedit /usr/share/themes/ombilin/gtk-2.0/gtkrc kemudian tekan ENTER
biasanya minta password user… 
selamat mencoba…

Sumber: http://lontarlinux.com/menampilkan-scrollbarslider-yang-hilang-pada-libreoffice-blankon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar