Kamis, 13 Oktober 2011

Install flash player di Linux BlankOn 7 Pattimura

Flash Player tentunya bukan merupakan sebuah istilah yang baru pagi para pengguna internet, terutama bagi anda yang gemar melakukan aktifitas di jejaring sosial seperti facebook atau menonton video melalui youtube.com atau situs hosting video lainnya. Dengan Adobe Flash Player ini, banyak pengguna bisa menikmati file multimedia berbasis flash yang tertanam di website dengan lebih mudah dan nyaman.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Adobe Flash Player, ini adalah sebuah runtime yang mempunyai performa tinggi, ringan dan sangat ekspresif. Flash Player memberikan sebuah pengalaman menikmati file multimedia lintas operating system, browser dan ponsel.

Karena masih banyak yang bertanya bagaimana cara untuk melakukan instalasi flash player di BlankOn 7 Pattimura, maka saya coba tuliskan langkah-langkahnya.
Cara agar browser/Peramban Web bisa memutar flash cukup gampang sebenarnya, namun dalam hal ini saya mencoba memberikan contoh dengan Peramban Web Chromium, Peramban Web bawaan dari BlankOn 7 Pattimura, dan untuk Peramban Web yang lain bisa disesuaikan.

1. Download file flash player dalam bentuk tarbal di sini. (Nama file install_flash_player_11_linux.i386.tar.gz)


2. Setelah anda download filenya kemudian extrac file yang anda download barusan, dengan cara klik kanan difile nya kemudian pilih "Ekstrak Di Sini"

3. Masuk kedalam folder "install_flash_player_11_linux.i386" yang anda extract barusan kemudian copy file & folder yang ada di dalamnya, nama folder “usr” dan file “libflashplayer.so”

4. Masuk kedalam folder plugin dari Peramban Web anda, kalau dikomputer yang saya coba dengan menggunakan distro BlankOn 7 Pattimura Peramban Web Chromium, lokasi foldernya ada disini "/usr/lib/chromium-browser/plugins". Saya asumsikan anda menemukan lokasi folder ini, kemudian ubah hak akses dari folder plugin tsb dengan cara klik kanan di folder plugin kemudian klik Properti, klik Hak Akses dan dibagian Akses Berkas semua dipilih "Baca dan Tulis". Apabila hak akses folder tidak bisa diubah dengan cara seperti itu, anda bisa mengubahnya dengan cara masuk ke Terminal ketik "sudo chmod 777 /usr/lib/chromium-browser/plugins" tanpa tanda petik. Setelah selesai kemudian paste file yang sudah dicopy tadi.

5. Buka Peramban Web Cromium anda dan nikmati, nonton video flash.

Jika ada yang kurang jelas dalam instalasi flash player ini, silahkan kontak saya melalui link komentar di bawah ini. Semoga bermanfa'at.

Selamat mencoba.

---
Sumber:
http://situsdownload.com/software-free-gratis-terbaru/browsers-and-plugins/adobe-flash-player-terbaru.html
http://lontarlinux.com/install-flash-plugin-di-linux

4 komentar:

  1. Mas, masih ga mau instal/update flash player yg terbaru 11.2?? gi mn cara sdh pake cara di atas. trims atas penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah langkah-langkah yang dilakukan sudah sesuai dengan tutorial di atas? kalau sudah sesuai, perhatikan pesan error apa saja yang keluar ketika melakukan langkah-langkah tersebut. Solusinya akan tergantung kepada pesan error yang diberikan.

      Terima kasih.

      Hapus
  2. errornya mau di paste di folder plugin klik kanan text g aktif alias g bisa
    untuk "sudo chmod 777 /usr/lib/chromium-browser/plugins" juga error
    "chmod: cannot access '/usr/lib/chromium-browser/plugins': no such file or direct ory

    tolong bantuannya

    panji
    email: insomniee.fatwa@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ma'af ya... baru bisa tahu kalau ada pertanyaan di blog nih... hehehe
      Untuk melakukan perintah chmod 777 /nama/folder/ kamu harus masuk ke consol / terminal.

      Jika keluar errornya seperti di atas. Coba kamu cek tahap demi tahap. pake perintah ini:
      cd /urs/lib/
      terus ketik ls
      terus lihat/perhatikan ada nggak folder chromium-browser/plugins ? (sepertinya itu folder tidak ada yah...)
      Eh... ngomong2 emang kamu pakai BlankOn versi berapa? Kalau di Versi 9.0 sih foldernya ada di sini : '/usr/lib/chromium/plugins'


      Hapus