Rabu, 29 Oktober 2014

Cara Mengembalikan Menu Joomla Yang Hilang



Suatu hari saya terima email dari client yang memberitahukan bahwa “Menu pada website joomla-nya tidak muncul alias hilang”, saya merenung sejenak kenapa ya…? menunya kok bisa hilang…? padahal pada website itu tidak ada yang diubah. Tanpa pikir panjang langsung saja saya lakukan langkah backup data web dan data MySQL-nya… yah lumayan gede juga sih 1.2GB.

Data backup tsb saya restore (copy-paste) ke laptop sedangkan database-nya saya import melalui PhpMyAdmin. Setelah selesai saya akses web yang kini berada di localhost laptopku. Hasilnya… jreeeng… menu joomla muncul kembali. Selidik punya selidik ternyata versi PHP-nya berbeda. Versi PHP yang ada di web hosting lebih tinggi dari versi PHP yang ada di laptop. Petugas hosting langsung update saja itu PHP yang ada di web servernya tanpa memberitahu clientnya, akibatnya jadi seperti ini… “Menu Joomla hilang”.

Dari Om Google menginformasikan bahwa masalah menu joomla yang hilang ini biasanya menimpa web joomla dengan versi lama (1.5.xx), sedangkan versi 1.5.xx ke atas saya belum mengalaminya.
Trik untuk memunculkan kembali menu joomla yang hilang ternyata sederhana saja.

Berikut ini akan saya sampaikan untuk anda langkah-langkah yang sudah saya lakukan untuk mengembalikan menu joomla yang hilang sbb:

1. Untuk mengantisifasi resiko yang mungkin terjadi, BACKUP dulu web dan database MySQL Anda.
2. Unduh file upgrade joomla di http://joomlacode.org/gf/project/joomla/frs/?action=FrsReleaseBrowse&frs_package_id=6159
3. Pilih file Joomla_1.5.0_to_1.5.xx-Stable-Patch_Package.zip
4. Setelah diunduh, kemudian unggah ke folder Joomla yang ada di web server anda
5. Extract file yang telah anda unggah.

Setelah selesai diextract, coba akses kembali website joomla anda, taraaa… menu Joomla yang hilang akan tampilkan kembali.
Selamat Mencoba. Semoga bermanfa’at.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar